Sepenggal Kisah Perjalanan Kami

Wednesday, March 11, 2009

Kutipan: Ciuman itu Menyehatkan

Dapat artikel ini dari Kompas. Menurutku artikel ini menarik, terutama untuk yang sudah berkeluarga

Belakangan ini, para ilmuwan mendapati bahwa berciuman baik untuk kesehatan. Para ahli medis beradu argumen mengapa berciuman itu tak hanya membuat seseorang merasa senang, tapi juga efektif melawan banyak penyakit. Apa saja keuntungan berciuman bagi kesehatan?

# Berciuman dalam waktu lama bisa membantu sistem sirkulasi kita. Ketika berciuman, detak jantung makin cepat hingga rata-rata 110 detakan per menit. Ini adalah latihan yang baik untuk sistem kardiovaskular.

# Setelah berciuman, paru-paru bekerja lebih keras. Kira-kira 60 tarikan napas per menit, dibandingkan dalam napas normal, hanya 20 kali tarikan napas per menit. “Ventilasi” semacam ini baik untuk mencegah sakit paru-paru.

# Beberapa dokter gigi percaya, bahwa berciuman merupakan tindakan pencegahan gigi berlubang. Berciuman menstimulasi air liur yang bisa menghancurkan asam yang menutupi gigi.

# Berciuman yang berlangsung lebih dari 3 menit membantu kita melawan stres. Berciuman dalam waktu lama menstimulasi rantai reaksi kimiawi yang menghancurkan hormon stres.

Ada pula kelebihan berciuman yang dirangkum oleh www.bestkisses.com adalah;
1. Pasangan yang memberi ciuman perpisahan setiap pagi kepada pasangan hidupnya rata-rata memiliki waktu 5 tahun lebih lama dari yang tidak melakukan ritual ini.

2. Berciuman baik untuk mendorong kepercayaan diri. Membuat seseorang merasa dihargai dan memberi ketenangan diri.

3. Berciuman membakar kalori, 2-3 kalori per menit dan menggandakan tingkat metabolis. Ada yang mengklaim, bahwa dengan berciuman bergairah tiga kali per hari (setidaknya 20 detik per ciuman) bisa membantu menghilangkan berat badan.

4. Berciuman dikenal sebagai penghilang stres. Berciuman penuh gairah bisa menghilangkan ketegangan, mengurangi energi negatif, dan memproduksi rasa sehat, menurunkan hormon stres.

5. Berciuman menggunakan setidaknya 30 otot wajah dan membuatnya lebih kencang, mencegah pipi kendur. Otot pipi yang menegang karena ciuman yang bergairah mampu membantu kulit lebih mulus dan meningkatkan peredaran darah.

6. Berciuman baik untuk jantung, karena menciptakan aliran adrenalin yang memompa darah ke seluruh tubuh. Tak hanya menstabilkan aktivitas kardiovaskular juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

7. Mereka yang sering berciuman jarang mendapat masalah perut, masalah kantung kemih, dan infeksi darah.

8. Selama berciuman, antibiotik alami yang diproduksi tubuh dikeluarkan melalui air liur. Air liur juga dipercaya sebagai anestetik yang membantu mengurangi sakit.

9. Berciuman mengurangi ketegangan dan ‘suara’ di pikiran. Berciuman meningkatkan tingkat oksitosin, hormon menenangkan yang memproduksi rasa ketenangan.

10. Hormon endorphin yang keluar ketika berciuman 200 kali lebih ampuh ketimbang morfin.
Banyak banget kan manfaatnya, ayo tunggu apa lagi! Segera praktekkansengihnampakgigi

*Note: Artikel di atas hanya untuk pasangan yang sudah resmi (suami/istri).
Sumber:Kompas

26 comments:

  1. sayangnya daku belum ada yang bisa diciummmmmm...., nyium bantal paling2. wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. ingin deh tahu rasanya ciuman. terutama untuk pasangan :) hehehe maklum belum.

    oyah mau tahu tentang artikel first kiss nda??? hasil penelitian sendiri :)

    http://sukrablog.blogspot.com/2008/10/first-kiss.html

    ReplyDelete
  3. wah.. diatas semua tentang ciuman dari segi positifnya....
    banyak juga lho ciuman dari segi negatifnya...
    misal... HIV bisa ditularkan lewat ciuman... jika yg dicium sariawan bisa menular sama pasangan yg dicium.... dan banyak lagi penyakit yg lainnya... hmmm.... ayo mau ciuman.... hehehe

    ReplyDelete
  4. wah, jadi pengen ngerasain kissing lagi nih, hehehe..

    ReplyDelete
  5. masalahnya siapa yg mo diajak ciuman? he he he...

    ReplyDelete
  6. wahhh ada artikel ciuman....ternyata manfaatnya banyak banget ya, tp masalahnya suami lg tugas keluar kota nech, belum bisa dipraktekin heheheh....

    ReplyDelete
  7. Note-nya kok hanya buat pasangan ajah? Apa ini hanya untuk ciuman bibir ajah? Gimana dengan ciuman pipi sayang antara orang tua dan anak atau antar saudara? Masihkah bisa bermanfaat sama?

    ReplyDelete
  8. Wah mantap nih postingnya....

    Jadi Pengen Cpet2 Nikah Nih, ....

    hehehe,........

    ReplyDelete
  9. wakakala...mbak lala bikin bnyk org yg pingin nyium :D

    ReplyDelete
  10. Hi friend.. Interesting post.. Nice blog work.. keep it up.. will drop by your site often.. Do find time to visit my blog and post your comments.. Have a great day.. Cheers!!!

    ReplyDelete
  11. praktekinnya sama sapaaaaaaaaaaaaaaa niiii ???? :((

    ReplyDelete
  12. wah.....klo ciuman sama suami emang wajib kan qkqkqkkqkk.....mau ach....

    ReplyDelete
  13. Iya nih aku juga baca artikel ini. Mari kita praktekan ;)

    ReplyDelete
  14. @ dtrs, ya ciumannya sama pasangan yg resmi dunk. Dan kalo pasangan lg sariawan terus takut tertular ga usah ciuman dulu:))

    @ rohmahs, ciuman disini maksudnya emang dgn pasangan (suami/istri). Efeknya akan beda lho jika dibandingkan ciuman dengan anak/sodara. Kalo sama anak/sodara kan kaga ada tuch rasa bedebar debar, tapi kalo sama suami/istri alamak... :$

    ReplyDelete
  15. yah dah terlanjur giginya berlubang neh sbelum ada yg dcium kmaren huehehe
    mantafff mbak, tar mo rajin-rajin cium suami ah kalo pulang biar sehat terus, bebas stress dan langsing hiahahaha ops

    ReplyDelete
  16. woww wow wow...smpe sgtux y tnyta....

    jd pgen ney...hehehe...tp lom pny isteri...
    msh nggu lama donk...

    mbak blm q cb dr pean. msh binggung mikir skripsi..

    doakan aj mbak..

    ReplyDelete
  17. waduh jadi pengen nikah nee biar ciumannya halal........

    ReplyDelete
  18. whuaaahhhhh...pas baca ini, pas my hubby OTW ke luar kota..yach..nganggur nih..hehehe

    ReplyDelete
  19. weleh ketinggalan artikel menarik nich...langsung praktek ahh.. :)

    ReplyDelete
  20. waduh harus minta sering2 di sun2 :S nih ama si hubby...

    ReplyDelete
  21. hmmmmmmm nyium gunng aja ah...x(

    ReplyDelete
  22. wah ternyata byk manfaatnya ya hehehe....

    ReplyDelete
  23. aduh bingung neeh.... siapa ya yang jadi percobaan atau mau jadi sukarelawan :D :s

    ReplyDelete

Sopan dan Santun dalam berkomentar, disukai banyak teman...
Terima Kasih ^_^

© The Journey