Sepenggal Kisah Perjalanan Kami

Friday, July 10, 2009

Pisang dan Apel

Beberapa waktu yang lalu, teman abahnya Nduk Jija yang berasal dari Turki cerita tentang nilai (harga buah buahan) antara di Turki dan di Indonesia. Dia bercerita, kalo di Turki buah buahan yang tergolong paling mahal dan elite adalah Pisang. Harga pisang di Turki tergolong mahal dibandingkan dengan apel. Padahal kalo di Indonesia, pisang mah murah ya harganya. Orang Indonesia sering beranggapan kalo buah apel lebih prestige atau bergengsi daripada pisang. Sebaliknya, di Turki apel cuma dipandang sebelah mata

Suatu ketika, ada konglomerat Indonesia yang berwisata ke Turki. Dia menginap di salah satu hotel termewah di Turki. Pemilik hotel sangat senang akan kedatangan tamu tersebut, dan dia berusaha menjamu dengan sebaik baiknya. Untuk menghormati tamunya, maka si pemilik hotel menyuguhkan buah pisang untuk tamu tersebut.

Si Pemilik hotel: "Tuan, anda adalah tamu kehormatan kami, maka silahkan anda menikmati jamuan kami!" sambil memberi isyarat anak buahnya untuk mengeluarkan buah pisang.

Si Konglomerat: "Oh my God, jauh jauh saya ke sini hanya dijamu dengan pisang???"

Si pemilik hotel: "Maksudnya???!!!"

Maka berceritalah si konglomerat tersebut tentang nilai buah pisang di mata orang Indonesia. Begitu pula si Pemilik hotel juga bercerita betapa agungnya seseorang jika dijamu dengan buah pisang.

Kemudian si konglomerat berkata dalam hati: "Wah kalo begitu, besok kalo aku ke Turki lagi mau bawa pisang dari Indonesia yang banyak ach, mo tak jual Terus kalo balik ke Indonesia mo bawa oleh oleh buah apel yang banyakMySpace

30 comments:

  1. ayo kita rame2 impor pisang ke turki...siapa tau kita jadi milioner....heeheheh

    ReplyDelete
  2. Dikampung saya buanyak sekali pisang,... bisa dong dieksport ke Turki.
    Nice info mbak.

    ReplyDelete
  3. Kata peribahasa : Lain ladang lain ikannya,..tapi ide bagus tuh jualan pisang di Turki :)
    Ok sobatku salam sukses

    ReplyDelete
  4. oya,, lucu juga t mbak... klo pisang goreng pasti lbh mahal :))

    ReplyDelete
  5. untung dg orang turki neh..kalo org jawa dg orang sunda bisa berabe... pisang barter dg gedang...bisa gak nyambung dech.

    ReplyDelete
  6. Kan teori penjualan mba, kalau jarang ya pasti mahal, di turki mau nanam pisang dimane hehehehhehe

    Eh bentar tuh, gimana kalau kita bisnis pisang aja , jual ke Turki, pasti cepet kaya :))

    ReplyDelete
  7. Hueh-hueh-hueh..aku coba aah kalo punya modal yang banyak akan bisnis jual pisang ke turki siapa tau aku akan menjadi konglo merat..
    Aku teringat sama cerpen kumbang dan kerbau,,waktu itu sang kerbau bertamu kerumah kumbang yang terbuat dari tai kerbau..kerbau bertanya kenapa kamu pakai taiku untuk membuat rumah?? tuut..tuut..tuut..enggak aku lanjutin karena puanjaaaaang banget ceritanya huehehehe (to be continue)

    ReplyDelete
  8. Wah aku suka banget sama pisang mbak..
    kalo gak ada buah, yang pilng gampang di dapet di Bali itu ya pisang,.

    ReplyDelete
  9. ;;) hahaha...
    yuk qta impor pisang qta ke turki

    ReplyDelete
  10. :@ wah.. konglomerat itu bisa2 teler deh klo disuguhi pisang bnyk :f

    ReplyDelete
  11. selamat pagi sahabat apa kabar

    ReplyDelete
  12. pisang yg paling ngga aku suka ya pisang yg udah item-item

    ReplyDelete
  13. bisa buat bisnis tuh buuuu :D

    ReplyDelete
  14. Benar juga kata kolongmerat itu...pisang bisa jadi komoditi yg mantap di Turki..

    ReplyDelete
  15. pisang indonesia emank mantavvvvvvvvvvvv
    hehehehehe

    ReplyDelete
  16. huehuhuee......
    otak pebisnis memang begitu... yg penting cari celah usaha dulu :D

    ReplyDelete
  17. Wah, besok jadi exportir pisang aja saya :D

    ReplyDelete
  18. Kalo aku eksportir rujak aja deh ;)

    ReplyDelete
  19. disini pisang berserakan dimana-mana nih :)

    ReplyDelete
  20. bentar,,,, *ngitung pohon pisang di kebon* waaah ada 20 pohon..... laku bearapa yaaah.. hihihihihihi :f

    ReplyDelete
  21. Mungkin klo di Turki sdikit yang nanam n apel berserakan dimana-beda, beda ma Indonesia :)

    ReplyDelete
  22. huehehehe....lucu jg jokenya!

    Iya yah! pisang tuh disini dianggap buah "rakyat" kalo apel tuh kesannya gimana gitu. padahal kalo dipikir-pikir pisang tuh khasiatnya juga luar biasa...

    Aku suka pisang ambon eunakkkkk

    ReplyDelete
  23. hahahaha... mungkin pisang di sana mahal karena hrs impor ya.. :D

    ReplyDelete
  24. Hehehe...beneran lain ladang lain belalang ya mbak...
    Ada temen ekspatku yang juga pengalaman yang mirip...

    ketika dia ngajar di salah satu panti asuhan..anak2 disana bilang...Mister..kalo orang Norwegia itu kaya-kaya ya..ga pernah makan nasi tapi tiap hari makannya roti...

    Dalam hati dia ketawa..karena kalo mo makan nasi disana, katanya malah harganya lebih mahal..karena susah cari berasnya.. :D

    ReplyDelete
  25. Hi…



    Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



    Di tunggu yaaa….. God Bless…

    ReplyDelete
  26. lebih parahnya lagi pisang import dianggap lebih keren ketimbang pisang lokal. Buktinya yang rame dijual di lapak-lapak buah sekarang juga pisang cavendis yang katanya import dari Australia. Alamaaaaaaak...

    ReplyDelete
  27. Hahaha, otak bisnis dah... tp sah2 aja kok, namanya jg usaha khan ya mbak? :))

    ReplyDelete
  28. hehehe...bisa aja nih mbak, lumayan buat senyum2....

    ReplyDelete

Sopan dan Santun dalam berkomentar, disukai banyak teman...
Terima Kasih ^_^

© The Journey