Sepenggal Kisah Perjalanan Kami

Monday, April 08, 2013

Mengenalkan Huruf Pada Batita Melalui Game

Beruntung sekali anak anak pada zaman sekarang ini, karena memiliki fasilitas untuk tumbuh kembang yang optimal. Selain fasilitas, tentu peran orang tua juga sangat berpengaruh ketika mendampingi buah hati selama periode emas (golden age).

Seperti yang di alami adik Adzka, pada usia 2 tahun lebih dua bulan, Alhamdulillah adik Adzka sudah bisa mengenal dan membedakan huruf huruf alphabet.

Ketika pertama kali mengetahui saya sangat keget, tiba tiba dia menunjuk buku mainan yang ada huruf hurufnya, dan menyebut huruf huruf tersebut dengan benar. Padahal saya merasa tidak (belum) pernah mengajarkan huruf huruf kepada balitaku ini.
Terus saya perhatikan, ternyata adik Adzka belajar mengenal ABC melalui LeapPad dan film anak anak Super Why yang biasa ditayangkan di PBS Kids.

Ketika usia 1,5 tahun saya pernah berniat mengajarinya membaca dengan Metode Glenn Doman. Setelah saya belikan flash card, ternyata adik Adzka lebih tertarik melihat gambar gambar dari pada huruf huruf yang ada di flash card tersebut. Jadi proses belajar membaca saya tunda dahulu.



Dari LeapPad, adik belajar mengenal huruf sekaligus belajar menulis huruf tersebut. Dia merasa fun karena proses belajar melalui game. Saat ini adik sudah bisa menulis "I" dan "O" hehehe yang paling mudah dulusengihnampakgigi

Sebenarnya LeapPad ini untuk anak anak usia 3-9 tahun. Tapi ternyata sebelum usia dua tahun, adik Adzka sudah bisa menggunakannya.

Sekarang, hobby baru dik Adzka adalah membaca huruf (sudah mulai bosan dengan LeapPad), setiap dia melihat huruf dia langsung menyebutnya. Di jalanpun kalo dia melihat huruf dia langsung menyuarakannnya...




Jika sobat ingin mengenalkan huruf atau angka pada anak usia dini, usahakan dalam suasana fun sehingga anak tidak cepat bosan dan tidak merasa terpaksa

3 comments:

  1. wah keren ya mainan jaman sekarang bisa dengan lebih mudah mendidik anak menjadi lebih pinter

    ReplyDelete
  2. Hehehe..putranya sepantaran ama putri kedua ku...
    Anak-anak memang amazing ya mba :)


    Gimana kabarnya? Lama juga ga blogwalking ke temen-temen :)
    http://karila.blogspot.com
    www.ArilexShop.com

    ReplyDelete

Sopan dan Santun dalam berkomentar, disukai banyak teman...
Terima Kasih ^_^

© The Journey