Sepenggal Kisah Perjalanan Kami

Friday, March 06, 2009

Salmon Garang Asem

Selama cuti ngeblog kemarin, aku coba bereksplorasi di dapur. Coba cari resep yang mudah dipraktekkan. Sempat terdampar di blognya mbak Ayin *Lho katanya cuti ngeblog? kok masih buka blognya orang?* hehehepeace lha cari resep yang praktis kan adanya ya di internet hehehe...

Ketemu resep Garang Asem, dari fotonya yang aku lihat di blognya beliau jadi ssllruuppplapar langsung praktekin dech. Tapi bahan dasarnya aku pake ikan salmon, karena kebetulan di kulkas adanya salmon.




Bahan dasar:
500 gram ikan tengiri (aku ganti salmon), potong potong
1/2 sdt garam
1 sdm jeruk nipis
2 lbr daun salam
3 buah tomat hijau (aku pake tomat merah)
750 ml santan
1 sdt gula
2 sdt garam
1 sdt asam jawa (aku ga pake, karena ga punya)
2 sdm untuk menumis

Bumbu halus:
8 butir bawang merah (aku kurangi dikit)
4 siung bawang putih
1 cm jahe
4 buah cabe merah
6 buah cabe rawit ( aku ga pake)
2 cm kencur (aku pake kencur yg sudah dihaluskan)
2 cm kunyit
1 cm lengkuas

Cara membuat:
Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis.
Diamkan selama 15 menit.
Panaskan minyak dan tumis bumbu halus, daun salam sampai harum.
Tuangkan santan dan potongan ikan, garam, gula, tomat.
Masak hingga matang.


Kalo diperhatiin banyak yang bumbu yang ga aku pake yafikir Dooohhh maaf ya mbak Ayin, resepnya aku rubah dikit, disesuaikan dengan bumbu yang ada hehehe

13 comments:

  1. berkunjung pagi udah bikin laper melihat gambarnya... :D

    ReplyDelete
  2. duhh sedapnya mba...kalo farah pasti sangat doyan..sedang mommynya kurang..lebih doyan ama tuna;).. aku juga punya kumpulan resep ndiri tapi blom dibikinin blog masiy mualeeess hehehe

    ReplyDelete
  3. Ih WOw,,,, !! Key nya enak tuuuh^^,,, !! Ntar aq coba deeeeeeeeeeeeeeh^^

    ReplyDelete
  4. ohh... noooooo!!!!!!!
    salmon garang asem (slerrrp), membuatku kelaparan..
    daku kabur dulu.. mau beli makanan (hikz.. hikz..)

    ReplyDelete
  5. wooww enakkk bgt pst tu y mbak....jd pgn ngrasain..hehhee

    mbak bs bntu q bwt blog yg bgs g???q kn bru bs...

    td nilna nyoba krm fto emil k pean tp g bs katax..

    ReplyDelete
  6. garang asem biasanya ayam.. tp ini salmon.. hmmm... sllluuuurrrpp.. pedes2 seger ya mb.. duh, ngiler beneran. mb, aku pernah makan garang asem di kudus, cabenya pake cabe rawit di potong2 miring.. uenak juga loh mb..

    ReplyDelete
  7. Ih budhe......bunda pengen salmon garang asemnya. ntar kalo dah balik k indonesia ajarin bunda y...

    ReplyDelete
  8. rajinnya si Lala, aku kalo masak ala indo doh nyerah deh, baru masak nusantara kalo dah kangen buanget.

    ReplyDelete
  9. Wah......
    Enak Bnget Tuh....

    Lam Knal Yah Bu...

    ReplyDelete
  10. duh enaknyaaaa....ngilerrrr

    ReplyDelete
  11. mmmm...bikin ngiler bener salmon nya...;)

    ReplyDelete
  12. wah... enaknya pinter masak ya mbak Lala :)

    ReplyDelete
  13. wuih, salmon kalo disini kan agak mahal tuh....

    ReplyDelete

Sopan dan Santun dalam berkomentar, disukai banyak teman...
Terima Kasih ^_^

© The Journey