Sepenggal Kisah Perjalanan Kami

Friday, January 30, 2009

Hidup di Luar Negeri dari Perspektif Aku

Hehehe judulnya sok ilmiah ya??sengihnampakgigi Ingin sharing aja sama kamu, pengalaman kita selama tinggal jauh dari tanah kelahiranlove Mudah mudahan bisa bermanfaat.

Kita mau tinggal di mana aja pasti ada suka dan dukanya, kayak kita sekarang yang Alhamdulillah punya kesempatan ngicipin udara di kota Atlanta (Georgia) tentu ada enak dan ga enaknya.

Aku cerita ga enaknya dulu:

1. Secara kita yang orang timur dan beragama Islam, tentu agak kesulitan mencari makanan dengan label halal. Jadi kalo membeli makanan harus benar benar jeli dan teliti biar ga sampai kena racun, Ooopss maksudnya makanan makanan yang haram.

2. Masih soal makanan, ga enaknya disini tempe termasuk mahal dan ga bisa didapat setiap saat. Kalo di Indonesia tiap pagi ada orang lewat depan rumah jualan tempe, kalo disini kita yang jalan mencari sang tempesengihnampakgigi Disini juga ga ada bakso, mie ayam, tahu thek dll, padahal kita sekeluarga adalah penggemar bakso. Buat sendiri ga bisa sepuas menikmati bakso bakso di Indonesia.

3. Kalo winter gini, dooohhh.., kedinginannangih kulit kering dan pecah pecah, jadi boros lotion. Listrik juga membengkak kalo sering sering pake heater.

4. Transportasi umum susah. Disini angkutan umum ada kereta api dan bis. Biasanya kita bisa ketemu bis di rute rute yang udah ditentukan tiap 20 menit sekali, kalo kelewatan satu menit aja bisa lumutan nunggu bis berikutnya lewat. Makanya disini orang lebih suka memakai kendaraan pribadi.

5. Biaya hidup tinggi. Kalo ingin menikmati fasilitas Internet, TV, tilpun, kita harus langganan sendiri. Kalo punya mobil, harus beli asuransi mobil. Asuransi kesehatan juga harus punya. Bayar bills (baca: tagihan listrik, internet, TV, sewa apartement, tilpun) ga boleh telat. Kalo telat kena charge.

6. Karena biaya hidup tinggi, jadi orang ga ada yang nganggur, semua sibuk dengan aktifitasnya masing masing. Kebanyakan orang sini adalah workaholic, sibuk dengan dunia kerja.

7. Untuk student, doooohhhh tambah berat lagi. PR dan tugas tiada habis habisnya. Para dosen tidak akan segan segan memberi bertumpuk tumpuk bacaan untuk dilahap dalam semalam.

8. Visa dan dokumen dokumen imigrasi. Secara kita adalah WNI jadi kalo tinggal di negeri orang harus ngurus dokumen imigrasi termasuk izin tinggal. Kadang ngurus perpanjangan izin tinggal ini yang agak ribet. Harus nyertain berbagai syarat syarat tertentu.


Sedangkan enaknya tinggal di luar negeri menurut aku:

1. Wawasan dan pengalaman jadi bertambah karena bisa ketemu dengan budaya yang berbeda beda.

2. Bisa menikmati internet sepuas puasnya, karena kalo kita sudah berlangganan internet, kita bisa pake internet ini sampe mata bengkak tanpa dipusingkan dengan tagihan yang membengkak. Internetnya unlimited dan koneksinya Top Markotop.

3. Banyak subsidi (baca: fasilitas) untuk keluarga kurang mampu, meskipun imigran bisa menikmati fasilitas ini asal tinggal secara LEGAL dan apply sesuai dengan syarat syarat yang telah ditentukan.

4. Sekolah gratis dari TK sampe SMA

5. Kalo kita benar dan hak kita dilanggar kita bisa protes dan mendapat ganti rugi.

6. Orangnya ramah ramah, kalo ketemu orang di jalan saling menyapa meskipun tidak kenal.

7. Pejalan kaki adalah raja. Kalo di Indonesia orang bermobil adalah raja, pejalan kaki harus ngalah alias minggir kalo ada mobil lewat. Disini kebalikannya, kalo ada pejalan kaki lewat orang orang yang mengendarai mobil sabar mendahulukan si pejalan kaki lewat.

8. Ada GPS, jadi tidak perlu lingak linguk kalo pas mau jalan jalan

9. Bisa menikmati empat musim.

Apalagi ya???fikir Sementara ini dulu, nanti kalo ingat aku tambahin. Atau kalo ada yang mau nambahin silahkan!!!

16 comments:

  1. la..sekarang sih aku udah bisa bikin tempe n bakso sendiri..yah liat dari browsing di internet..malah kalo untuk bakso, banyak temen yang minta bikinin ke aku..hehehe...Kalo untuk urusan apartment, untungnya kita udah disediain ama perusahaan..jadi gak perlu repot2 nyari n bayar..trus kalo harga mobil disini murah dikit dibandingkan di indo..

    ReplyDelete
  2. waahhh susah juga ya,... tapi puasaya lama nggak????

    ReplyDelete
  3. @ bintang, aku bikin tempe gagal terus. Soale msh winter. Blm pernah bikin pas summer.

    @ Brigadista, puasa kemarin lamanya masih sama kaya di Indonesia. Tp tahun ini kayaknya Bulan Ramadhan pas summer, bisa ditebak pasti siangnya luama...

    ReplyDelete
  4. Internetnya unlimited dan koneksinya Top Markotop.

    itu yg aku suka.

    yah...masing2 ada sisi positif dan negatif ya. gak ada yg sempurna deh.

    btw, saya juga pernah kangen bakso dan tempe ketika liburan 2 minggu lebih di Eropa. bayangkan, baru 2 mingguan udah kangen. apalagi kamu ya....

    sampai mikir mau buka warung bakso di Swiss. he he he..siapa yg beli coba?

    ReplyDelete
  5. Iya betul La, nggak segala yang enak ada di LN, ada nggak enaknya juga, jadi nggak seperti yang kita bayangkan sebelum kesini.. segala serba senang, ternyata banyak susahnya juga kan? :)
    Hidup dimana saja sama aja, yang penting kita ada family dan berusaha buat cari nafkah.

    ReplyDelete
  6. duuhh gimana rasanya gak bisa ngrasain enaknya baksoo .. serasa makan tanpa garam .. hehehe ...

    ReplyDelete
  7. @ Fatamorgana, buka warung bakso?? wah pasti pentholnya habis dimakan sendiri whehehe...

    @ Iya, aku cuma pingin sharing, kalo tinggal dimanapun pasti ada enak dan ga enaknya. hehehe *pisss*

    @ Ho oh...ya bisanya makan bakso dalam mimpi, pas bangun pulaunya udah terbentuk di bantal whahaha...

    ReplyDelete
  8. Sebelumnya saya ingin mengutarakan bahwa WUENAK TENANANNNNNNNNNNNNNNNNNN. Pengen rasanya kesana, sayang pekerja kuli kasar gini kapan sempatnya hehehehe.

    Jalani saja friend, Keep it flow. Thank untuk koment di blogku dan shout yang sangat membangun, sayang lagi capek nih ngurus blog pribadi, blog pesenan, sama blog organisasi. Hufff .... SEMANGAAAAATTTTTT

    ReplyDelete
  9. wew, jadi pengen ke luar negeri...
    tapi..ntar mau pulang pulang kampung...biayanya gede dunk...

    hihi..

    enakan disini ah...dinikmati apa yang ada.....

    ReplyDelete
  10. kalo aku suka baca yang enaknya aja nduk jija, ben betah ya tinggal di LN-nya hehehe...

    ReplyDelete
  11. wahh biar ada gak enaknya hidup di LN, tapi ada rasa bangga juga yaaa....bisa tinggal di LN krna gak semua orang dikasih kesempatan spt itu...jadi berbahagialahhh....

    ReplyDelete
  12. wahh..jayajnya plusnya banyak yah..jadi pingin nih..hehehe

    ReplyDelete
  13. Nyaris sama deh dengan di Paris, tapi di Paris transportasi umumnya ga susah, malahan nyaman sekali sampai2 ga pernah kepikiran untuk beli kendaraan pribadi.

    Di sana sekolah ataw kerja mom?

    ReplyDelete
  14. nah ini dia... koneksi internet yang top markotop jangan kyk IM2 dodol markodol... sinyal aja kyk lagunya BBB putus nyambung...

    ReplyDelete
  15. mbak Lala... maap nih baru mampir internetnya gak top markotop pyany GPS gak bisa pake... hiks... kesian deh..

    ReplyDelete
  16. Wawh... pengalamannya seru amat tuh... Jadi sirik....
    Emang bagi orng yg sudah Berdarah TIMUR semenjak kecil, bakal kerepotan hidup di barat... Apa lagi hobi lo TIMUR banget...segala bakso, mie ayam ho oh....

    ReplyDelete

© The Journey